Kenapa Video Saya Belum Muncul di Pencarian YouTube? cara agar video youtube kita muncul di beranda


Kenapa Video Saya Belum Muncul di Pencarian YouTube? cara agar video youtube kita muncul di beranda

YouTube kini memang sudah bukan lagi sekedar media sosial untuk berbagi video saja, tetapi juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan penunjang bisnis atau marketing. Tak sedikit pengguna YouTube yang bisa menghasilkan uang dengan pengerjaan yang serius. Selain halnya penghasilan, banyak juga orang yang memanfaatkan platform ini untuk mendulang popularitas. Tak heran jika akhirnya banyak orang menjadi YouTuber belakangan ini.

Sudah Melalui Proses Editing dan Upload Lengkap dengan SEO Dasar, Video Belum Searchable

Nah salah satu hal yang cukup banyak membuat para YouTuber pemula gelisah adalah tak kunjung munculnya konten yang mereka unggah di pencarian YouTube. Setelah menyelesaikan konten dan mengupload, YouTuber pun berharap video tersebut bisa ditemukan pengguna Google atau YouTube melalui kolom pencarian. Nyatanya, bahkan setelah proses yang melelahkan lengkap dengan penerapan teknik dasar SEO, konten tersebut tak muncul di halaman hasil pencarian. Lantas apa yang membuat video tersebut tidak kunjung muncul di pencarian?

cara agar video kita muncul di beranda youtube

Sebelum mengulas tentang apa-apa saja yang membuat video Anda belum dimunculkan di hasil pencarian YouTube dan Google, yang perlu Anda pahami adalah hal seperti ini termasuk sebagai hal yang wajar. Maka dari itu, Anda tidak perlu panik atau bahkan putus asa karena Anda tidak mengalami masalah ini sendiri. Biasanya hal seperti ini bisa dihindari seiring waktu, mencari informasi dan mempelajari pengetahuan dasar dalam membuat channel maupun konten video YouTube. 

Beberapa Alasan Mengapa Video Anda Belum Direkomendasikan oleh Mesin Pencari YouTube

Pertanyaan kenapa video Anda belum muncul di pencarian YouTube mungkin bisa dianalisa dari berbagai penyebab yang umum terjadi, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Video yang Masih Baru Saja Diunggah

Alasan pertama ini menjadi yang paling banyak terjadi di kalangan YouTuber. Perlu diketahui bahwa setiap konten video akan ditinjau mesin pencari Google dan YouTube melalui algoritme khusus. Dan proses ini bisa saja memerlukan waktu yang lebih lama dibanding apa yang Anda harapkan. Jadi, walau sudah menerapkan SEO dasar sekalipun, bisa saja konten unggahan Anda itu tak bisa langsung direkomendasikan oleh mesin pencari. 

Jumlah View yang Kurang

Ternyata jumlah penonton yang masih belum terlalu banyak juga bisa mempengaruhi video Anda tak kunjung dikenali dan direkomendasikan oleh mesin pencari. Dengan kata lain, YouTuber pemula yang masih merintis channel besar kemungkinan akan berurusan dengan faktor yang satu ini. Inilah alasannya mengapa Anda disarankan untuk mengajak atau mendorong penonton yang ada untuk membagikan ke media sosial mereka. Hal ini membantu meningkatkan jumlah view dari video relevan yang Anda unggah secara rutin dan konsisten.

Jumlah Like yang Kurang

Selain faktor jumlah penonton, jumlah Like pun juga bisa berpengaruh. Video yang direspon positif oleh pengguna platform akan lebih direkomendasikan karena dianggap relevan dan kredibel oleh mesin pencari. Untuk itu, video berkualitas Anda pun juga sebisa mungkin sedikit ‘memaksa’ penonton untuk memberikan komentar dan like. Dan yang terpenting jangan pernah ‘menipu’ penonton dengan judul yang tidak sesuai dengan isi.

Umur Channel yang Kurang

Faktor umum lain yang juga bisa membuat video urung tampil di Search Engine Result Page (SERP) selanjutnya adalah umur channel. Faktor ini bisa semakin menekan peluang video Anda muncul di hasil pencarian bersama faktor pengganjal sebelumnya. Beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan adalah membuat channel yang unik memanfaatkan celah persaingan dengan channel-channel besar lain, isi channel dengan video yang relevan, unik dan berkualitas. Selain itu, perkenalkan pula channel Anda melalui media sosial dan selalu ajak penonton untuk share. 

Judul Video yang Sudah Umum

Riset keyword menjadi proses yang penting untuk menentukan judul agar tepat sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari calon penonton namun memiliki tingkat persaingan yang sedikit. Anda bisa saja memanfaatkan judul-judul video sejenis yang sudah ada dan menambahkan sedikit modifikasi agar lebih menarik. Namun ingat, modifikasi yang Anda lakukan tetap harus sesuai dengan issi video yang Anda unggah. 

Kesalahan dalam Penggunaan Tag

Tag berguna untuk memudahkan orang menemukan video yang Anda buat. Memang tidak ada larangan untuk memasukkan sekian banyak keyword (kata kunci) di kotak tag. Namun yang perlu Anda ingat adalah relevansi tag dengan konten video harus tetap menjadi perhatian utama Anda.Gunakanlah kata yang masih ada hubungannya dengan video dan kata kunci yang Anda maksud. 

Mengabaikan Kekuatan Deskripsi Video

Platform YouTube sudah menyediakan kolom deskripsi untuk menjelaskan berbagai hal penting maupun artikel yang memperdetail video unggahan Anda. Di sini, kata kunci bisa disisipkan secara proporsional sehingga dapat dikenali oleh mesin pencari dengan lebih mudah. Artinya, kolom ini juga membantu video Anda agar dapat ditemukan di mesin pencari Google dan YouTube. YouTuber pemula harus memanfaatkan sarana ini dengan baik agar dapat bersaing dengan lainnya ang sudah lebih dulu terkenal.

Masalah Setelan Privasi Video

Faktor lain yang sebenarnya tidak perlu terjadi adalah setelan privasi video yang belum sesuai. Nyatanya masalah ini juga banyak terjadi pada pemula yang kurang teliti atau kurang pengetahuan. Video unggahan diatur ke setelan Pribadi (tidak untuk publik) yang artinya hanya Anda yang bisa melihat konten tersebut. Bagaimana bisa mesin pencari merekomendasikan video yang hanya boleh Anda lihat sendiri? Maka dari itu, silakan Anda lihat setelan privasi video YouTube pada bagian Visibilitas dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan terhadap konten tersebut. 

Demikianlah beberapa faktor yang membuat video Anda belum muncul di pencarian YouTube. Sebagai kesimpulan, masalah yang umum dihadapi YouTuber pemula ini bisa disikapi dengan bijak antara lain dengan rutin dan konsisten membuat video relevan berkualitas serta rajin mempromosikan di media sosial.

Agus Siburian (GUSMON) Informasi akan terus dibutuhkan dan tak akan pernah hilang di telan masa. Meski tak banyak yang dapat saya informasikan semoga saja yang saya tuliskan Bermanfaat dan selalu Membantu

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Video Saya Belum Muncul di Pencarian YouTube? cara agar video youtube kita muncul di beranda"

Posting Komentar

Jadilah Youtuber yang bijak berkomentar
.
.
.
Semoga sukses :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel