Reupload Apakah Aman di Youtube? Cara Aman Jadi Reuploaders

Reupload Apakah Aman di Youtube? Cara Aman Jadi Reuploaders

Anda tentu sudah tak asing lagi menggunakan Youtube sebagai aplikasi media sosial sehari-hari. Youtube merupakan platform berbasis internet yang dapat menyajikan berbagai macam kemudahan untuk publik agar dapat menikmati beragam video secara gratis. Selain itu situs ini juga memungkinkan pemakainya untuk dapat mengupload, melihat serta membagikan video secara mudah. 

Bagi anda para youtubers saat ini ada kabar gembira karena algoritma Youtube sekarang sudah di update. Sehingga saat ini reupload video Youtube tidak bisa lagi dilakukan secara mudah. Dengan kata lain channel Youtube anda yang berisi konten-konten yang sudah anda unggah aman dari perilaku pencurian. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara aman menjadi reuploaders Youtube. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu reupload?

Reupload berasal dari kata bahasa Inggris yang terdiri dari 2 suku kata yang digabungkan sehingga menjadi sebuah frase. Kata “re” berarti kembali dan “upload” berarti mengunggah. Jadi reupload merupakan tindakan melakukan proses upload ulang video Youtube yang pernah ditayangkan di channel Youtube milik orang lain. 

Sebagai perbedaannya mereka hanya memberikan judul yang tidak sama dan judul yang disematkan lebih menarik. Tujuannya adalah agar orang yang melakukan hal ini memperoleh keuntungan semata dari Youtube. Orang yang melakukan tindakan reupload video ini disebut reuploaders. 

Topik video reupload yang paling populer

Seorang reuploaders bisa mendapatkan video untuk diupload dari berbagai sumber. Selain dari Youtube sendiri, sumber video bisa berasal dari Facebook atau bahkan dari situs-situs dari luar negeri. Ada beberapa topik video populer yang sering direupload yaitu:

- Ceramah keagamaan atau pengajian
- Berita tentang politik
- Para tokoh negara
- Proyek pembangunan
- TNI
- Beragam video lucu
- Beragam video aneh, unik dan viral

Video itu lalu akan diolah dan diedit sedemikian rupa dengan gaya serta kreatifitas reuploaders kemudian diunggah kembali.

Resiko menjadi reuploaders

Ada beberapa resiko yang dialami saat menjadi seorang reuploaders yakni:
- Kemungkinan akun dapat dihapus oleh pihak google
- Sering mendapatkan komentar yang tidak sedap
- Video tidak bisa muncul di laman pencarian Youtube
- Dapat sering terkena pedoman komunitas
- Tidak kunjung dimonetisasi oleh Youtube
- Tidak mendapat bayaran dari Youtube

Cara aman menjadi reuploaders 

Ada Beberapa cara aman yang bisa anda tempuh saat menjadi reuploaders antara lain:

1. Nama channel Youtube anda sebaiknya dirahasiakan, jika ada yang tanya bisa anda jawab menggunakan channel Youtube milik orang lain atau channel Youtube anda yang sudah tidak aktif lagi.

2. Memakai akun klonengan atau sering disebut juga akun transgender dunia maya.

3. Yang penting untuk anda lakukan adalah jangan pernah memberitahu niche channel Youtube anda secara rinci kepada siapapun.

4. Anda jangan pernah melakukan share atau membagikan baik video atau channel di media sosial denganmenggunakan akun orisinil milik anda.

5. Anda perlu melakukan beberapa eksperimen atau trial error dengan menggunakan beberapa akun email yang anda buat. 

Nah jika cara di atas masih belum berhasil juga, ada cara lain yang bisa anda coba agar aman menjadi reuploaders yakni:

1. Jika anda ingin melakukan reupload video sebaiknya mengunggah video yang berlisensi creative common, hal itu dikarenakan video tersebut paling mudah untuk lolos dari hak cipta.

2. Mengedit kembali video sampai hasil akhir yang berbeda dengan video aslinya. Jika anda menggunakan smartphone anda bisa menginstal aplikasi kinemaster untuk mengedit video. 

3. Secara detail ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat melakukan editing video yaitu:

+ Frame
Jika ukuran frame terlalu besar, maka anda bisa memotong ukuran frame tersebut agar tidak sama dengan video yang telah diunggah.

+ Latar belakang
Fitur ini berguna untuk mengelabui sistem algoritma Youtube agar bingung saat menentukan mana video asli.

+ Audio atau suara
Tahap selanjutnya adalah mengedit audio sedetail mungkin. Tujuannya adalah agar video dapat lolos dari sergapan algoritma. Selain itu supaya dapat lolos dari hak cipta, anda juga dapat menambahkan suara yang semrawut .

+ Warna
Anda harus mengedit warna video agar tidak sama seperti warna video aslinya, anda dapat menambahkan efek blur pada video agar terlihat beda. 

+ Logo 
Menambahkan logo atau tulisan pada video anda yang tujuannya agar video tersebut lolos dari hak cipta serta tidak dikenali oleh Youtube.

Selain itu menurut komunitas Youtube ada 3 kriteria yang harus diperhatikan agar video aman untuk diunggah ke Youtube yakni video, isi video, background music video atau musik latar. Nantinya video yang anda unggah tersebut akan diperiksa secara berkala oleh team komunitas Youtube. Mungkin saat ini video yang anda unggah masih aman, tapi suatu saat bisa saja ada kejadian tak terduga yang dapat terjadi. 

Demikian beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menjadi reuploaders. Seperti ada istilah “sebaik-baiknya reuploaders tidak akan mengupload video orang lain secara mentah-mentah. Namun, mengolah kembali video tersebut menjadi lebih baik lagi”.
Agus Siburian (GUSMON) Informasi akan terus dibutuhkan dan tak akan pernah hilang di telan masa. Meski tak banyak yang dapat saya informasikan semoga saja yang saya tuliskan Bermanfaat dan selalu Membantu

Belum ada Komentar untuk "Reupload Apakah Aman di Youtube? Cara Aman Jadi Reuploaders"

Posting Komentar

Jadilah Youtuber yang bijak berkomentar
.
.
.
Semoga sukses :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel