Cara Membuat Thumbnail Video yang Menarik

Cara Membuat Thumbnail Video yang Menarik

Tak sedikit YouTuber pemula yang bermasalah dengan pembuatan thumbnail yang cocok dengan keinginan mereka. Meskipun gambar pratinjau video ini bisa dibuat secara otomatis, namun tak jarang thumbnail yang didapat kurang menarik. Hasilnya video yang baru ditambahkan ke channel pun sering di-skip (dilewati) oleh calon penonton. Jika sudah begini, konten berkualitas yang diperkuat basic SEO menjadi kurang optimal menarik viewers.

Pentingnya Thumbnail pada Video YouTube

Sebagai seorang kreator di YouTube, mungkin Anda sudah memiliki gambaran tentang kekuatan thumbnail terhadap daya tarik video. Bisa dikatakan thumbnail video YouTube bertanggungjawab atas kesan pertama video, mendahului judul ataupun deskripsi. Fakta ini kemudian menjadi tantangan bagi kreator, bagaimana ia bisa menggambarkan keseluruhan isi video hanya dengan sebuah gambar. 

Selain halnya harus mampu menampilkan kilasan isi video, thumbnail juga harus dipoles semenarik mungkin agar calon penonton percaya bahwa video tersebut dibuat secara serius dan benar-benar relevan dengan apa yang ingin mereka tonton. Saat calon penonton ini ragu dengan thumbnail video YouTube, besar kemungkinan mereka langsung mengalihkan pandangan ke thumbnail berikutnya alias konten milik kreator lain. Persaingan dengan video lain pun bisa terjadi hanya sepersekian detik saja.

Fakta ini juga diperkuat oleh laporan YouTube yang menjelaskan bahwa 90% video yang memiliki performa terbaik di platform mereka, menggunakan thumbnail khusus (bukan thumbnail otomatis). Dengan kata lain, jika tidak ikut menggunakan thumbnail khusus untuk video YouTube Anda, ada banyak peluang yang terbuang sia-sia.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Thumbnail YouTube

Agar pembuatan thumbnail video YouTube Anda kelak menjadi lebih menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam segi desain. Ada sejumlah elemen yang selalu diperhatikan oleh para kreator dalam membuat thumbnail agar mampu menarik perhatian dan rasa penasaran calon viewers mereka. Berbagai elemen ini diantaranya: 

Gambar Ekspresi Wajah (Headshot)

Untuk mengikat emosi dan rasa penasaran calon penonton, banyak YouTuber yang 
menggunakan gambar wajah dengan ekspresi tertentu. Hal ini berangkat dari temuan bahwa ternyata mata manusia lebih mudah memproses gambar wajah di layar kaca, terlebih jika wajah tersebut penuh ekspresi. Selain wajah yang berupa foto close-up muka seseorang, Anda juga bisa membuat gambar karakter yang juga penuh ekspresi sebagai alternatif. Kreasikan headshot bersama elemen lain untuk membuat mata calon viewers berhenti sejenak di Thumbnail YouTube Anda lalu merasakan keterikatan untuk terus melihat detail video Anda.

Teks

Menyusun teks singkat yang disertakan juga perlu mendapat perhatian khusus saat hendak membuat thumbnail. Penggunaan teks dalam thumbnail sendiri umumnya bertujuan untuk membantu elemen grafis agar lebih mudah dikomunikasikan. Dengan begitu kombinasi antara elemen grafis maupun background mampu menghadirkan sesuatu yang menarik untuk diklik. Penjelasan video lebih lanjut bisa ditempatkan pada judul maupun deskripsi, namun pada thumbnail, YouTuber cenderung hanya membuat penasaran dengan teks singkat dan memiliki visibilitas tinggi melalui pilihan font, ukuran dan layout teks. Elemen teks juga sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness untuk kebutuhan digital marketing.

Efek dan Stiker 

Elemen grafis penunjang lainnya adalah stiker yang biasanya dimanfaatkan oleh para YouTuber untuk lebih menonjolkan subjek utama dalam thumbnail mereka. Stiker sendiri sudah banyak dikenali oleh mata calon viewer sehingga dengan penggunaan yang tepat, Anda bisa mendapatkan thumbnail yang lebih berkesan dan menarik minat calon penonton.

Visiblitas 

Keterlihatan (visibilitas) ini pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk elemen tulisan saja karena pada dasarnya elemen lain juga perlu mendapatkan porsinya sendiri. Tentu percuma Anda membuat teks dengan font yang keren namun kurang terlihat karena memiliki warna yang sama dengan backgroud thumbnail. Untuk itu, Anda bisa memainkan teknik kontras pada desain thumbnai video Anda. Pilihan warna ataupun pallete untuk teknik kontras ini bisa saja berbeda antara kreator satu dengan yang lain mengingat masing-masing memiliki karakteristik channel yang berbeda. 

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube yang Menarik 

Setelah membaca dan memahami sedikit uraian di atas, mungkin Anda sudah memiliki gambaran bahwa untuk membuat thumbnail yang berkualitas dan menarik, dibutuhkan aplikasi edit gambar yang mumpuni. Ada banyak aplikasi edit gambar di pasaran, namun hanya beberapa yang benar-benar sanggup mengakomodir kebutuhan kreator seperti Anda. Selain itu, tak semuanya juga bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma.

Beberapa diantaranya adalah software desktop Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, aplikasi Adobe Spark, Canva, Crello, Fotor, Picmaker, Snappa ataupun Vismea. Ada pula aplikasi web seperti Canva, FotoJet, Picmaker dan Visme yang bisa Anda gunakan dari browser. Jika Anda termasuk seorang pemula, Canva menjadi aplikasi mobile atau web yang direkomendasikan karena penggunaan yang mudah, fitur yang fugsional dengan dukungan koleksi gratis yang lengkap. 

1. Memilih Software atau Aplikasi yang Digunakan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak pilihan perangkat lunak yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihan tentu didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan Anda sebagai kreator. Jika Anda menginginkan editing yang lebih detail, software desktop bisa jadi pilihan. Sementara untuk edit yang lebih praktis bisa menggunakan aplikasi mobile. Bagi Anda yangmemiliki perangkat dengan spesifikasi terbatas mungkin bisa mempertimbangkan aplikasi berbasis website saja. Pemilihan software akan berpengaruh besar terhadap proses yang Anda lakukan nantinya.

2. Memilih Sebuah Gambar Cuplikan yang Paling Menarik

Diantara sekian durasi video, Anda bisa mengambil beberapa tangkapan layar (screenshot) yang kemudian bisa disortir mana yang paling menarik untuk dijadikan bahan dasar thumbnail. Misalnya Anda bisa memilih foto wajah yang paling ekspresif atau momen yang paling mengundang penasaran. Sambil mempertahankan relevansi thumbnail dan konten, Anda boleh saja menggabungkan momen terbaik dengan ekspresi wajah sebagai stiker. 

3. Menambah Efek Stiker

Lebih lanjut, Anda juga bisa melengkapi thumbnail tersebut dengan stiker entah itu wajah ekspresif Anda ataupun meme tertentu. Cara membuat stiker ini pun juga cukup mudah. Dari cuplikan video dengan wajah Anda, hapus background dan sisakan bagian wajah saja. Lalu tambahkan border (garis luar warna putih) sebagai outline. 

4. Menambahkan Tulisan 

Setelah foto thumbnail dan stiker siap, berikutnya Anda bisa memasukkan tulisan (teks) untuk sedikit membahasakan thumbnail tersebut. Visibilitas menjadi perhatian utama dalam proses ini dimana Anda bisa memilih font yang cukup tebal dengan warna yang kontras (tidak sama) dari foto yang melatarinya. Misalnya gambar thumbnail dominan warna putih, usahakan menggunakan tulisan dengan warna gelap. Penggunaan outline pada font sebaiknya tidak ditujukan untuk meningkatkan visibilitas melainkan untuk estetika saja. 

5. Upload

Untuk aplikasi web ataupun aplikasi mobile, Anda diharuskan mendownload thumbnail yang telah dibuat di platform mereka terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya di YouTube Studio. Resolusi ideal dari thumbnail video YouTube adalah 1280 x 720p, kurang dari ini maka thumbnail akan terlihat pecah.

Selesai, Anda sudah bisa mengunggah thumbnail video YouTube tersebut bersamaan dengan videonya. Mudah bukan?
Agus Siburian (GUSMON) Informasi akan terus dibutuhkan dan tak akan pernah hilang di telan masa. Meski tak banyak yang dapat saya informasikan semoga saja yang saya tuliskan Bermanfaat dan selalu Membantu

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Thumbnail Video yang Menarik"

Posting Komentar

Jadilah Youtuber yang bijak berkomentar
.
.
.
Semoga sukses :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel